Rabu, 07 September 2011


USN Kolaka Menuju Universitas Negeri

● Wisuda 564 Sarjana di Hadiri Indria Samego

KOLAKA,KEPRES---Universitas 19 Nopember (USN) Kolaka kembali mewisuda sedikitnya 564 alumni, rabu kemarin (27/10).



Wisuda yang digelar di gedung KONI Kolaka ini turut dihadiri dewan penasehat POLRI Prof Indria Samego, Ketua Kopertis Wilayah IX dan Wakil Bupati Kolaka, H Amir Sahaka, Ketua DPRD Kolaka, Parmin Dasir, Wakil Ketua DPRD Sultra, Sabaruddin Labamba, Komandan KODIM 1412 Kolaka, Letkol (Inf) Alamsyah, Kapolres Kolaka AKBP Jefriedi.







Rektor USN, Dr Azhari, mengatakan sejak USN Kolaka berdiri tahun 2005 yang merupakan perubahan nama dari STIKIP 19 November Kolaka, telah mewisuda untuk yang keempatkalinya. “Dari empat kali wisuda, yang digelar hari ini merupakan wisudawan terbanyak yang diikuti 564 orang terdiri dari FKIP 337 orang, FAPERTA 34 orang, FTI 48 orang, F Teknik 18 orang, FISIP 64 orang dan F Hukum 23 orang,” ungkapnya.







Menurutnya, seiring pesatnya perkembangan USN saat ini, sehingga Audotorium USN tidak bisa lagi menampung wisudawan karena hanya bisa menampung 700 orang. “Sementara wisuda hari ini kami harus membutuhkan ruangan dengan kapasitas 1600 orang, karena itu kami memilih gedung GOR KONI, "katanya.



Ketua Kopertis Wilayah IX, Prof Basri Wello, dalam sambutannya mengungkapkan selaku penanggung jawab Pendidikan Tinggi di wilayah Kopertis IX Sulawesi, Kopertis telah merekomendasikan perubahan status Universitas 19 November Kolaka dari swasta menjadi universitas negeri kedua di Sulawesi Tenggara.







“Hal ini sesuai amanah UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pemerintah daerah wajib memberikan layanan dan kemudahan serta menjamin terselenggaranya pendidikan yang bermutu bagi setiap warga negara,” katanya.







Menurutnya, harapan ini dapat terwujud apabila Universitas 19 November Kolaka selalu meningkatkan pelayanan di bidang pendidikan, pengajaran maupun penelitian dan pengabdian masyarakat. Perguruan tinggi memiliki posisi strategis dalam peningkatan sumber daya manusia yang mempunyai kecerdasan intelektual dan kecerdasan spiritual sehingga mampu mengelola dirinya dan orang lain.



Sementara, Wakil Bupati Kolaka, H Amir Sahaka dalam sambutannya mengurai pembangunan sebagai suatu gerak maju yang tidak berkesudahan untuk menata masyarakat kearah yang lebih baik.







Amir Sahaka berharap, USN sebagai perguruan tinggi sangat diharapkan peran sertanya dalam menunjang pelaksanaan Otonomi Daerah, khususnya kebijakan disentralisasi bidang pendidikan dan pembangunan lainnya di daerah Kabupaten Kolaka. “Termasuk pengusulan USN Kolaka menjadi universitas negeri yang sudah mendapat rekomendasi dari Kopertis Wilayah IX Sulawesi, “ katanya.







Pasangan Buhari Matta ini juga mengharapkan dukungan dan bantuan dari seluruh stakeholders yang ada di daerah. “Selaku pemerintah daerah memberikan dukungan dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada rektor dan seluruh civitas akademika USN atas niat baik, usaha dan keberhasilannya mengelola USN, “ katanya. SAB/HUM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar